1.) What does CRC stand for?
CRC digunakan untuk membangun kelas-kelas yang akan digunakan atau menggunakan UML pada bagian diagram Use Case,diagram kelas dan diagram objek. Kelas-kelas tersebut akan dapat digunakan kembali,hal ini lebih efisien dibandingkan hanya menggunakan atribute biasa.
2.) What is UML(Unified Modeling Language)?
Unified Modeling Language merupakan sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis Object-Oriented.
UML tidak hanya merupakan sebuah bahasa pemograman visual saja, namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemograman, seperti JAVA, C++, Visual Basic, atau bahkan dihubungkan secara langsung ke dalam sebuah object-oriented database.
3.) What are the three major elements of UML?
·
Benda / Things
/ Objek
Objek merupakan
bagian paling statik dari sebuah model, yang menjelaskan elemen–elemen lainnya
dari sebuah konsep.
Bentuk dari beberapa objek :
(1.) Classes,
sekelompok dari object yang mempunyai atribute, operasi, dan hubungan yang
semantik
(2.) Interfaces,
antar-muka yang menghubungkan dan melayani antarkelas dan atau elemen dan
mendefinisikan sebuah kelompok dari spesifikasi pengoperasian.
(3.)
Collaboration, interaksi dari sebuah kumpulan kelas–kelas atau elemen–elemen
yang bekerja secara bersama–sama.
(4.) Use cases,
pembentuk tingkah laku objek dalam sebuah model serta di realisasikan oleh
sebuah collaboration.
(5.) Nodes,
bentuk fisik dari elemen–elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah system
·
Hubungan /
Relationship
Ada 4 macam hubungan
dalam penggunaan UML, yaitu :
(1.)Dependency,
hubungan semantik antara dua objek yang mana sebuah objek berubah mengakibatkan
objek satunya akan berubah pula.
(2.)
Association, hubungan antar benda secara struktural yang terhubung diantara
objek dalam kesatuan objek.
(3.)
Generalizations, hubungan khusus dalam objek anak yang menggantikan objek induk
dan memberikan pengaruhnya dalam hal struktur dan tingkah lakunya kepada objek
induk
(4.)
Realizations, hubungan semantik antarpengelompokkan yang menjamin adanya ikatan
diantaranya yang diwujudkan diantara interface dan kelas atau elements, serta
antara use cases dan collaborations.
·
Bagan atau
Diagrams
Diagram adalah
yang menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model.
UML 1.0 mempunyai 9 diagram, yaitu:
1) Diagram Use
Case, menggambarkan apa saja aktifitas yang dilakukan oleh suatu sistem dari
sudut pandang pengamatan luar.
Diagram Use
Case berguna dalam tiga hal :
a. Menjelaskan
fasilitas yang ada (requirements)
b. Komunikas
dengan klien
c. Membuat test
dari kasus – kasus secara umum
2) Diagram
Class, memberikan pandangan secara luas dari suatu sistem dengan menunjukan
kelas–kelasnya dan hubungan mereka.
Diagram Class
mempunyai 3 macam relationalships (hubungan),
sebagai berikut
:
a. Association,
suatu hubungan antara bagian dari dua kelas yang terjadi jika salah satu bagian
dari kelas mengetahui kelas yang lain dalam melakukan suatu kegiatan..
b. Aggregation,
hubungan association dimana salah satu kelasnya merupakan bagian dari suatu
kumpulan dan memiliki titik pusat yang mencakup keseluruhan bagian.
c.
Generalization, hubungan turunan dengan mengasumsikan satu kelas merupakan
suatu kelas super dari kelas yang lain.
3) Diagram
Package dan Object, merupakan kumpulan elemen–elemen logika UML yang bertujuan
untuk mengelompokkan Diagram class yang lebih kompleks.
4) Diagram
Sequence, merupakan salah satu diagram Interaction yang menjelaskan bagaimana
suatu operasi itu dilakukan yang diatur berdasarkan waktu.
5) Diagram
Collaboration juga merupakan diagram Interaction berfungsi membawa informasi
yang sama dengan diagram Sequence, tetapi lebih memusatkan atau memfokuskan
pada kegiatan obyek dari waktu informasi itu dikirimkan dan bukan pada waktu
penyampaian message.
Tujuan: Membuat
collaboration diagram, Membuat link (relasi) antar obyek, Menambah message
(pesan) pada link, Memetakan message pada operasi, Buat collaboration diagram
dari sequence diagram dan sebaliknya
6) Statechart
diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state
lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima.
Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat
memiliki lebih dari satu statechart diagram).
Diagram StateChart
merupakan indikator yang menunjukan kemungkinan dari keadaan obyek dan proses
yang menyebabkan perubahan pada keadaannya.
7) Diagram
Activity, menunjukkan bagaimana aktifitas – aktifitas tersebut bergantung satu
sama lain dan berfokus pada aktifitas – aktifitas yang terjadi yang terkait
dalam suatu proses tunggal.
Menggambarkan
berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana
masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka
berakhir
8) Diagram
Component adalah sebuah kode–kode modul yang merupakan fisik sebenarnya dari
diagram Class. Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar
komponen piranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency).
9) Diagram Deployment menerangkan
bahwa konfigurasi fisik software dan hardware.
Deployment/physical diagram menggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy dalam infrastruktur sistem, di mana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar