Laman

Senin, 23 September 2013

Merancang Sebuah Form yang Baik



Dalam merancang sebuah form, 7 hal yang menjadi bagian utamanya adalah :
  1. Heading yang berisi judul
 Bagian ini merupakan sebuah awal penetu dari form yang anda buat. Judul form yang dibuat harus berkaitan dengan komposisi dari form. Mengapa demikian? Saat mengisi yang pertama kali diperhatikan oleh user adalah judul.
     2. Pengenalan
Sipenginput atau user akan memperhatikan informasi apa saja yang dibutuhkan dalam melakukan penginputan. Bagian ini lebih menyeleksi apakah field-field yang dibuat memiliki ketergantungan satu sama lain.
     3. Petunjuk
 Saat mengisi user sangat membutuhkan arahan dalam melakukan penginputan agar terhindar dari human error terutama pada kesalahan input.
    4. Body
Bagian ini merupakan isi dari form yang anda buat sebagai wadah user menginputkan data.
    5. Tanda tangan
Pada bagian ini akan lebih meyakinkan user dalam melakukan pemgisisan data dari pertanyaan yang ada.
    6.  Total
Merupakan banyaknya inputan yang harus diinput oleh user. Hal ini akan mengurangi resiko terjadinya pengulangan inputan data.
    7. Komentar
Sebuah form yang baik akan membuka terhadap saran yang ada. Hal ini bertujuan untuk mengintropeksi kinerja yang ada.
 Bagian-bagian diatas akan menjadikan form yang dibuat menjadi lebih terstruktur dan  mengefesiensikan terutama waktu bagi para penginput data.

Dalam merancang sebuah form, hal yang perlu diperhatikan yakni:
  1. Siapa saja yang memerlukan atau mendapatkan informasi yang dicatat dari sebuah formulir. Hal ini akan menentukan berapa banyak field yang akan diisi dan jumlah fisik dari form yang akan kita buat.
  2. Tidak memiliki informasi yang sama dengan formulir yang dirancang sebelumnya. Jika sama, hendak ada tindakan khusus seperti menyatukan.
  3. Elemen-elemen yang dicantumkan dalam form harus berisi urutan-urutan yang logis. Hal ini akan mengurangi kemungkinan kesalahan dalam penginputan. 
  4. Berisi pernyataan yang tidak melenceng. Hal ini jika terjadi akan membuat penginput merasa bingung dan pikiran penginput akan terbagi.
Pedoman dalam merancang tampilan Form
Dalam membangun sebuah interface yang baik dan seuser friendly mungkin agar user tidak mengalami kesulitan dalam melakukan proses penginputan:
1. Membuat tampilan form yang simpel atau sederhana
Menempatkan field-field inputan secara tertata agar user tidak bosan saat melakukan penginputan. user akan merasa bosan jika terdapat susunan field yang berantakkan dan berisi berbagai pernyataan yang tidak penting.
2. Mengurangi pekerjaan menggunakan mouse khusus form elektronik
Form yang baik yakni lebih memperhatikan efisisensi terutama waktu dalam melakukan penginputan.Penggunaan keyboard diharapkan lebih dominan.
3. Tampilan konsisten dengan apa yang ada
Ciptakan standarisasi anda sendiri dalam merancang sebuah form. Letak-letak setiap field harus sama agar user tidak bingung dengan form yang selalu berubah-ubah.
4.  Mengatur lebar kolom tempat user menginput agar sesuai dengan apa yang akan user input.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar